PT. Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas diJakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma yang pada tanggal 5 Februari 1994 menjadi Indofood Sukses Makmur. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia, dan Eropa.
Dalam beberapa dekade ini Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan total food solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran.
2. Berbagai macam produk yang berada di bawah naungan PT.Indofood di antarany:
1. Keunggulan dari PT.Indofood hingga ia
bisa berkembang pesat.
- Memiliki tim yang terdiri dari orang-orang
berdedikasi, terampil, dan termotivasi di segenap jajaran.
- Perencanaan yang baik dan kerja sama yang erat
dengan para pemasok, konsumen, dan distributor untuk menghantar produk-produk
dari pabrik ke tempat-tempat penjualan.
- PT.Indofood sukses makmur tbk sudah memiliki
jaringan distribusi sendiri sehingga distribusi produknya hingga ke
daerah-daerah dapat terlayani.
- Produk-produk Indofood terus
berkembang(inovasi-inovasi baru misalnya dalam mi instant terus
dikembangkan berbagai macam rasa agar konsumen tidak mengalami kejenuhan.
- Harga dari produknya juga cukup terjangkau.
2. Berbagai macam produk yang berada di bawah naungan PT.Indofood di antarany:
- Mi instan(indomie khususnya)
diproduksi oleh
- Quaker Oats, Nice Yogurt, Maggi, Canasta, Trenz oleh PT
Quaker Indonesia
- Indomilk oleh PT
Nestlé Indofood Citarasa Indonesia
- Kecap Indofood,sambal Indofood
- Fruitamin oleh PT
PepsiCola Indobeverages
- Lays Potato Chips ,Chitato
Potato Chips, Qtela Cassava
Chips dan beberapa jenis
- Snack lainnya oleh PT Indofood Fritolay
Makmur.
4. Peranan yang telah dilakukan dalam
ekonomi Indonesia :
- Mencatatkan saham grup produk konsumen
bermerek(CPB) di bursa efek Indonesia tanggal 7 oktober 2010.
- PT. Unilever turur berperan untuk memberikan
kontribusi dalam pencapaian kualitas hidup yang lebih baik bagi
masyarakat.
·
Setiap tahunnya PT Indofood Sukses Makmur Tbk harus mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi yang di keluarkan untuk promosi produk tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak yang menjadi pemborosan perusahaan dan supaya tingkat penjualan tidak menurun.
Setiap tahunnya PT Indofood Sukses Makmur Tbk harus mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi yang di keluarkan untuk promosi produk tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak yang menjadi pemborosan perusahaan dan supaya tingkat penjualan tidak menurun.
·
PT Indofood Sukses Makmur Tbk harus melakukan
pendistribusian yang sesuai dengan target pasar, produk yang yang dihasilkanpun
harus memenuhi dengan minat konsumen. Jika distribusi tidak sesuai dengan
target pasar maka barang yang diproduksi kurang mendapat minat dari konsumen.
·
Melihat produk dari perusahaan yang menjadi
pesaing perusahaan dengan melakukan riset terhadap pasar. Menambah
unggulan-unggulan terhadap produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas
produk yang ingin dipasarkan, melihat kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melakukan
gebrakan yang menjadi daya tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
·
Jika dari biaya promosi, biaya distribusi,
serta strategi-strategi yang menjadi modal perusahaan dapat berjalan baik dan
sesuai dengan apa yang diinginkan, perusahaan tidak akan mengalami penurunan
disetiap tahun.
·
promosi yang dilakukan paling banyak melalui
media elektronik, tidak hanya lewat media elektronik tetapi banyak juga melalui
media cetak, sponsorship,dll.
·
Kepemimpinan
harga terjangkau namun tetap mengutamakan kualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar